Operator Perang Iklan, Konsumen Untung?


seperti biasa, mungkin kebiasaan pada umumnya, ketika waktu senggang maka televisi adalah tujuannya. kita bisa mendapat banyak hal dari kotak kecil ini, ada berbagai macam berita dari berbagai belahan dunia, ada berjuta cerita dalam bentuk berbagai macam hiburan.

tak luput, kita juga disuguhi banyak iklan yang beragam, bahkan tak jarang iklan itu seolah untuk menjatuhkan produk sejenis. Etiskah? Entahlah.

dan ketika bicara masalah 'perang iklan', ingatan kita akan menuju pada dua operator yang lagi gencar-gencarnya melakukan serangan yaitu XL (PT Excelcomindo Pratama) dan Kartu As (PT. Telekomunikasi Seluler). Dari hari ke hari, serangan kian tajam dan memanas, apakah kita, sebagai konsumen, merasa diuntungkan?

Perang iklan bukan hanya iklan televisi, tapi juga pamflet bahkan di radio. Bahkan iklan versi radio, XL berani ngejek Kartu As, Esia dan IM3 sekaligus.

iklan XL di radio: setting mungkin di kelas, antrian dokter atau apalah yang jelas menggunakan nomor antrian.
wanita: nomor 1 (tarifnya esia)
rame: nggak ada bu..
wanita: nomor 20 (tarifnya Kartu As)
rame: nggak ada bu..
wanita: nomor 24
rame: nggak ada bu..
wanita: disini rame kenapa nggak ada semua, bapak2 ibu2 adik2 ngambil nomor berapa?
rame: kita semua ngambil nomor O bu..
terus ada penjelasan intinya Rp 0 untuk 30 detik pertama..

hahaha... apakah kita akan menelpon 30 detik, matiin, telpon telpon lagi 30 detik matiin lagi begitu seterusnya?

saya pengguna Kartu As, yang mengklaim Rp 20/menit langsung dr menit pertama, belum pernah sekalipun menikmatinya. Entah bagaimana caranya, mungkin saya yang kurang tahu. yang saya tahu emang ada cara untuk telpon Rp 1000/10 menit dengan cara menambahkan #1+nomor tujuan itu juga hanya berlaku untuk nomor telkomsel (kartu As, Simpati dan Halo). Tarif internet masih Rp 5/kb kecuali dengan registrasi dahulu, bisa dapat Rp 1000/MB.

atau kemaren melalui *100# >>paket sejam seribu>> hanya ada pilihan 1. sejam siang Rp 1000 60 mnt s.d 16.59 dan 2. sejam malam 60 mnt s.d 23.59 ketika dipilih ada sms notifikasi Permintaan anda sedang diproses dan beberapa jam kemudian ada sms notifikasi lagi yang intinya mengatakan server sibuk, coba lagi esok. atau sejenis.

so, iklan perang tarif apakah menguntungkan bagi konsumen?

gambar: sule vs baim

0 comments:

Post a Comment

tinggalkan jejak

RSS feed

Powered by Blogger.

My Profile

My photo
Jakarta, Indonesia
belajar untuk sekedar menata huruf membentuk serupa kata dan terlihat seperti kalimat

Follower

About